Kesehatan

Best 11 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Aman dan Cepat

Cara menghilangkan jerawat
100 / 100 SEO Score

 

Berbicara mengenai jerawat maka dapat dipastikan bahwa hampir setiap orang pernah memiliki masalah dengan penyakit kulit yang satu ini.

Terutama untuk mereka yang sudah memasuki usia pubertas baik itu pria ataupun wanita.

Cara menghilangkan jerawat-Beauty Concept - Close up Portrait of attractive caucasian girl with beauty natural skin isolated on pink background with copy space.
Cara menghilangkan jerawat-Beauty Concept – Close up Portrait of attractive caucasian girl with beauty natural skin isolated on pink background with copy space.

Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai beberapa cara menghilangkan jerawat yang pastinya aman dan untuk prosesnya bisa berlangsung dalam waktu yang singkat.

Nah, sebelum membahas lebih jauh mengenai penanganannya, mari kita kenali terlebih dahulu secara singkat mengenai jerawat tersebut.

Cara menghilangkan jerawat-angry-woman-squeezing-pimple-from-face
Cara menghilangkan jerawat-angry-woman-squeezing-pimple-from-face

Jerawat, “Si Penganggu” Penampilan Nomor Satu

Kita tentunya sepakat jika menyebut jerawat sebagai si pengganggu penampilan.

Terutama untuk para kaum hawa.

Apabila kemunculannya sudah diketahui di sekitar wajah, maka bisa dipastikan kepercayaan dirinya untuk bertemu dengan orang-orang akan menurun drastis.

Jika sudah begini, mereka pasti akan segera ribet mencari cara menghilangkan jerawat yang cepat.

Sebenarnya tidak hanya berlaku untuk para kaum hawa saja.

Para pria juga banyak yang merasa terganggu jika ada jerawat yang muncul di wajah.

Jerawat atau dalam istilah medis dikenal dengan istilah acne vulgaris sendiri sebenarnya merupakan masalah kulit yang sering terjadi.

Masalah kulit tersebut terjadi karena kondisi pori-pori kulit yang mengalami penyumbatan. Hal tersebut yang pada akhirnya menyebabkan timbulnya bruntusan (bintik merah) atau kantung nanah (abses) yang mengalami peradangan. Masalah kulit ini sering muncul di area wajah, leher hingga punggung.

Cara menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh perubahan hormonal ini bisa dengan mudah diatasi, namun untuk beberapa kasus juga bisa relatif lebih sulit.

Penyebab Umum Munculnya Jerawat

Jerawat pada umumnya muncul akibat perubahan hormonal. Namun, tahukah kamu jika beberapa kebiasaan buruk juga bisa menyebabkan timbulnya masalah kulit yang satu ini.

Penyebab yang berasal dari kebiasaan buruk sering disebut sebagai faktor eksternal. Berikut merupakan rangkuman beberapa penyebab umum munculnya jerawat, baik faktor internal maupun eksternal.

  1. Adanya produksi minyak yang berlebihan

Tubuh kita secara alami memiliki kelenjar minyak (sebaceus gland) yang akan memproduksi minyak guna memenuhi kebutuhan fungsional tubuh. Misalnya seperti menjaga suhu tubuh agar tetap berada pada kondisi hangat. Namun, ketika jumlah yang diproduksi berlebihan maka dapat menyebab kondisi yang abnormal pada kulit. Adanya tumpukan produksi minyak yang menyumbat saluran folikel rambut atau sebum yang bersinambungan dengan adanya bakteri merupakan kasus umum penyebab munculnya jerawat.

  1. Bakteri

Propionibacterium acne merupakan spesies bakteri yang mampu berkembang biak di dalam kelenjar minyak yang mengalami penyumbatan.

Keadaan ini menyebabkan munculnya zat-zat yang dapat menyebabkan adanya iritasi di area tersebut. Jika kelanjar terus mengalami pembengkakan, lalu pecah maka sangat berkemungkinan akan menyebar ke area yang ada di sekitarnya.

Cara menghilangkan jerawat-face-cleanser-concept
Young cute woman cleaning face with cotton pad in front of mirror in bathroom. Face cleanser concept

Dampak yang ditimbulkan adalah munculnya jerawat jenis batu.

Salah satu jenis yang paling dihindari sebab kerap kali meninggalkan pigmentasi dalam jangka panjang serta bekas luka yang bersifat permanen.

Cara menghilangkan jerawat jenis batu ini juga relatif lebih sulit.

  1. Sel kulit mati

Pada umumnya jerawat muncul akibat adanya produksi berlebih dari kelenjar minyak yang dipengaruhi hormon endrogen.

Jika minyak yang berlebih ini dipadukan dengan adanya sel-sel kulit yang mati, maka jerawat akan hadir di permukaan kulit.

Saat sel-sel kulit yang sudah mati tercampur dengan kotoran atau debu, maka akan terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit yang dapat menjadi sebuah bintik berwarna hitam atau putih.

Cara menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh menumpuknya kotoran atau debu bersama sel kulit mati bisa dilakukan secara dini sebelum kemunculan bintik lainnya dalam jumlah besar.

  1. Kosmetik atau make up

Penyebab berikutnya dari faktor eksternal adalah penggunaan produk kosmetik. Hal ini kebanyakan sering terjadi pada kaum hawa. Mengapa ini bisa terjadi? Ketahuilah jika penggunaan make up seperti foundation yang ada di dalam bubuk bedak memiliki tekstur yang padat. Sifatnya yang padat dan melekat dalam waktu lama sangat berpotensi untuk menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori.

  1. Penggunaan beberapa jenis obat-obatan
Cara menghilangkan jerawat-face-mask-spa-beauty-treatment-skincare
Face mask, spa beauty treatment. Woman applying facial clay mask at spa salon, skincare, top view, overhead

Cara menghilangkan jerawat kerap kali dianggap sulit oleh sebagian besar orang. Oleh karenanya, alangkah lebih baik jika kita menghindari penyebab eksternal munculnya jerawat.

Termasuk jenis faktor eksternal penyebab munculnya acne adalah konsumsi obat-obatan. Jenis obat kortikosteroid yang dikonsumsi baik secara oral ataupun oles sangat berisiko untuk meningkatkan potensi tumbuhnya jerawat. Hal ini terjadi sebab penggunaan jenis obat tersebut bersifat menurunkan daya imunitas dari tubuh seseorang. Kondisi tersebut pada akhirnya membuat adanya peningkatan dari aktivitas patogen, yaitu bakteri P. acne.

  1. Stres

Kondisi psikis yang tertekan bisa menjadi faktor penyebab munculnya acne di kulit. Pada dasarnya stres ini memang tidak secara langsung bisa membuat jerawat bisa muncul. Namun, produksi jenis hormon tertentu saat seseorang mengalami stres inilah yang berisiko.

Selain itu, kondisi stres juga bisa memicu tidak teraturnya pola makan seseorang. Biasanya seseorang cenderung meningkatkan konsumsi makanan yang manis atau makanan dengan kandungan lemak yang tinggi sebagai bentuk pelarian atau pengalihan stres. Inilah alasan logis mengapa stres bisa memicu kondisi munculnya jerawat yang mengganggu.

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Setelah kita mengetahui beberapa faktor yang berkemungkinan besar dapat menimbulkan kemunculan acnes pada kulit, maka hal yang bisa kita lakukan adalah sebisa mungkin menghindari faktor-faktor tersebut.

Faktor eksternal seperti kosmetik, kotoran atau debu, penggunaan obat-obatan jenis tertentu hingga stres sangat mungkin bisa kita kontrol.

Namun, jika masalah hormonal seperti masa menstruasi atau ketika hamil akan menjadi lain cerita. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari tau tips bagaimana cara menghilangkan jerawat.

Tidak ada orang yang ingin lama-lama memelihara jerawat yang dimiliki, apalagi jika itu muncul di wajah. Rasa percaya diri serta kenyamanan akan sangat terganggu.

Meksipun sebenarnya jerawat secara normal bisa hilang sendiri, namun waktu yang dibutuhkan relatif lebih lama. Bisa mencapai waktu hingga berminggu-minggu.

Namun, kini sudah banyak cara menghilangkan jerawat secara cepat yang bisa dengan mudah dilakukan.

Pada dasarnya untuk cara menghilangkan jerawat terdiri dari dua metode, yaitu secara konvensional dan modern.

Metode konvensional merupakan cara menghilangkan jerawat yang mengandalkan bahan-bahan atau material tradisional. Kita bisa juga menyebutnya bahan alami.

Sementara untuk metode yang modern tentunya menggunakan beberapa jenis produk buatan pabrik yang khusus diproduksi untuk menangani masalah kulit tersebut.

Kedua metode untuk cara menghilangkan jerawat tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Metode konvensional memiliki kelebihan lebih aman karena minim efek samping.

Kelemahan metode ini sudah bisa ditebak sama dengan metode pengobatan umum yang bersifat tradisional lain, yaitu prosesnya yang memakan waktu lebih lama.

Cara menghilangkan jerawat-portrait-of-girl-woman-with-problem-and-clear-skin
Portrait of girl woman with problem and clear skin creme, aging and youth concept with cream on face

Untuk metode modern alias penggunaan produk pabrik, prosesnya memang cepat namun berkemungkinan besar memiliki side effect yang kurang baik.

Jika kamu lebih suka yang bersifat modern karena sifatnya yang dapat menghilangkan jerawat secara cepat layaknya “magic”, maka sangat disarankan untuk membeli yang sudah teruji dan recommended.

Alangkah baiknya sudah berkonsultasi dengan dokter kecantikan yang kamu miliki agar tidak menyesal.

Namun, untuk kamu yang tidak memiliki dokter kecantikan dan ingin tau cara menghilangkan jerawat secara aman dan memakan proses yang tidak terlalu lama tidak perlu merasa bimbang.

Berikut ini merupakan 11 cara menghilangkan jerawat secara alami yang sudah terbukti secara turun-temurun dan teruji mampu mengatasi jerawat dalam waktu yang lumayan singkat. Selain itu, juga dipastikan aman dan murah.

Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah karena bahan-bahan yang digunakan sangat mudah untuk ditemukan di sekitar kita. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

  1. Madu

Bahan alami yang pertama bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan madu.

Kita tentunya sudah sejak lama mengetahui bahwa madu memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan.

Diketahui bahwa madu mengandung senyawa inhibin dan hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri.

Kandungan tinggi antioksidan di dalamnya juga sangat baik untuk membunuh bakteri patogen penyebab jerawat.

Selain itu, madu yang bersifat lengket bisa menarik kotoran dan debu yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Akumulasi dari khasiat yang dimiliki oleh madu sangat baik untuk menjadi alternatif pilihan utama cara menghilangkan jerawat secara alami.

Kamu juga bisa mendapat tambahan khasiat lain untuk kulit wajahmu sebab madu bersifat melembabkan kulit sehingga nampak lebih halus serta tidak berminyak.

Berikut merupakan langkah-langkah cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan madu:

  • Madu yang akan diaplikasikan sebagai masker disiapkan.
  • Campurkann 3 sendok makan madu dengan 1 sendok kayu manis.
  • Campuran tersebut dimasukan ke dalam microwave dan tunggu selama 30 detik.
  • Ketika madu sudah tidak terlalu panas, segera oleskan sebagai masker ke wajah secara merata.
  • Tunggu selama sekitar 10 menit dan bilas wajah hingga bersih.

Selain cara di atas, kamu juga bisa hanya menggunakan madu murni sebagai cara menghilangkan jerawat tanpa campuran apapun.

Untuk aplikasinya dapat dilakukan dengan mengoleskan masker madu ke wajah yang sudah dicuci menggunakan air hangat. Masker madu dioleskan dan ditunggu selama 15-20 menit.

Setelahnya wajah dibilas dengan handuk kecil yang sudah dibasahi air dingin. Gunakan masker madu secara rutin 2-3 kali per minggu.

  1. Mentimun

Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan mentimun sebagai bahan masker.

Mentimun telah lama dipercaya oleh para ahli kecantikan memiliki efek yang baik untuk kulit.

Untuk kasus munculnya jerawat, mentimun dapat mengurangi efek peradangan serta pembengkakan yang terjadi.

Cara menghilangkan jerawat -Woman looking on face at the mirror in bathroom
Cara menghilangkan jerawat -Woman looking on face at the mirror in bathroom

Selain berperan dalam sifat antiinflamasi, mentimun juga dapat memberikan efek dingin untuk wajah saat diaplikasikan sebagai masker sehingga wajah akan menjadi terasa lebih fresh.

Berikut merupakan aplikasi cara menghilangkan jerawat menggunakan masker mentimun.

  • Siapkan mentimun yang masih segar.
  • Iris menjadi beberapa bagian.
  • Irisan tersebut kemudian ditempelkan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Tunggu sekitar 15-20 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih menggunakan handuk yang telah dibasahi.
  1. Lidah buaya

Lidah buaya dapat digunakan sebagai solusi cara menghilangkan jerawat yang berikutnya.

Gel dari lidah buaya memiliki fungsi sebagai pereda peradangan yang terjadi.

Kandungan dari asam salisilat serta unsur sulfur sering digunakan untuk mengatasi jerawat pada kulit.

Selain digunakan sebagai bahan mengatasi masalah kulit, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pelembab untuk kulit.

Berikut merupakan langkah-langkah yang perlu kamu lakukan jika menggunakan gel lidah buaya sebagai cara menghilangkan jerawat agar bisa ampuh.

  • Gel lidah buaya perlu dikerok terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan sendok yang bersih.
  • Gel tersebut bisa secara langsung dioleskan pada wajah.
  • Pengolesan dapat dilakukan dengan pengulangan 1-2 kali sehari secara rutin.
  • Perlu diperhatikan apabila terjadi iritasi atau muncul rasa seperti terbakar kemerahan, maka segera hentikan penggunaannya.
  1. Putih telur

Bahan alami yang efektif, murah serta mudah untuk diperoleh selanjutnya sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat adalah putih telur.

Masker dari putih telur  mengandung enzim lysozym yang mana dipercaya ampuh untuk bisa dijadikan bahan penghilang jerawat.

Manfaat lain yang diperoleh dari penggunaan masker putih telur adalah kulit wajah akan terasa lebih kencang.

Untuk aplikasi cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan masker putih telur, dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pisahkan antara kuning telur dan putih telur.
  • Oleskan secara langsung putih telur ke wajah dan diamkan sekitar 15 menit.
  • Bilas dengan air hingga bersih.
  • Jika ingin cara menghilangkan jerawat ini agar lebih ampuh, kamu bisa menambahkan putih telur dengan air perasan lemon.
  1. Air perasan lemon

Bagi kamu yang pernah mencoba cara menghilangkan jerawat dengan membeli produk pabrik, tentu sering melihat  adanya komposisi utamanya berupa lemon.

Buah yang satu ini memang memiliki manfaat yang sangat berlimpah untuk kesehatan kulit.

Selain kaya akan antioksidan yang baik untuk penangkal radikal bebas, lemon juga mengandung asam askorbat yang cukup tinggi. Asam ini mampu menghilangkan jerawat membandel yang muncul di kulit.

Aplikasi penggunaan air perasan lemon bisa dikombinasi dengan putih telur atau secara langsung. Adapun cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan masker lemon adalah sebagai berikut:

  • Oleskan air perasan tersebut ke area wajah.
  • Diamkan selama sekitar 15 menit.
  • Selanjutnya, bilas wajah dengan air hingga bersih.
  1. Cuka apel

Cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Kamu tentu sudah sering mendengar penggunaan larutan cuka apel sebagai tips ampuh untuk menghilangkan acnes. Pada kenyataanya memang cuka apel mengandung jenis asam organik yang mampu melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Selain itu, larutan cuka apel juga dipercaya mampu mengurangi produksi minyak yang berlebih sehingga resiko munculnya jerawat akan semakin kecil. Nah, bagi kamu yang sudah penasaran bagaimana khasiatnya berikut merupakan aplikasi cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan cuka apel.

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu.
  • Cuka apel 1 sendok dicampurkan dengan 3 sendok makan air.
  • Oleskan cuka apel pada wajah dengan menggunakan kapas steril.
  • Biarkan sekitar 5-20 detik lalu dikeringkan.
  • Kegiatan ini dilakukan secara rutin sebanyak 1-2 kali sehari.

Penggunaan cuka apel untuk membasmi jerawat sedikit berisiko untuk orang-orang tertentu.

Kandungan asam yang tinggi kadang kurang cocok untuk kulit yang sensitif.

Untuk itu, ada baiknya diencerkan dengan volume air yang lebih banyak. Cara menghilangkan jerawat dengan senyawa asam juga berisiko menimbulkan iritasi ringan. Oleh sebab itu, jangan terlalu berlebihan.

  1. Kayu manis

Rempah kayu manis menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya yang patut buat kamu coba di rumah. Meksipun lebih terkenal sebagai bumbu dapur, namun siapa sangka bahwa kayu manis juga bisa jadi jurus ampuh pembasmi jerawat.

Bumbu dapur yang satu ini diketahui memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi serta bahan antibakteri sehingga bisa meredakan inflamasi atau peradangan yang terjadi.

Berikut merupakan langkah-langkah penggunaan kayu manis sebagai cara menghilangkan jerawat yang dinilai ampuh:

  • Satu sendok teh kayu manis dicampur dengan 2 sendok makan madu hingga berbentuk seperti pasta.
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Diamkan antara 10-15 menit, lalu cuci muka sampai bersih.
  1. Alpukat

Jika selama ini kita mendengar bahwa alpukat baik untuk kulit, maka memang benar adanya.

Selain dapat mencerahkan kulit, buah yang manis ini juga memiliki kandungan vitamin E yang tinggi.

Hal ini membuat alpukat bisa dijadikan alternatif sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Peradangan yang timbul sebab munculnya jerawat akan diredakan sehingga jerawat bisa segera sembuh. Jika kamu penasaran bagaimana aplikasinya, maka berikut ini caranya.

  • Buah alpukat terlebih dahulu dihaluskan.
  • Bersihkan wajah dari kotoran atau debu.
  • Agar cara menghilangkan jerawat ini lebih efektif, maka campurkan alpukat yang sudah halus dengan madu.
  • Oleskan ke area wajah dan tunggu 30 menit sebelum dibilas.
  1. Pepaya

Buah dengan nama latin Carica papaya diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta kaya vitamin

E. Pepaya juga mengandung enzim papain yang memiliki kemampuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Inilah yang menyebabkan pepaya bisa digunakan sebagai alternatif cara menghilangkan jerawat yang aman.

Penggunaan buah ini untuk mencegah dan menghilangkan jerawat relatif mudah karena hampir sama dengan penggunaan masker alami lain.

Masker dioles ke wajah dan tunggu selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

  1. Bawang putih

Selain kayu manis, cara menghilangkan jerawat dengan memanfaatkan bumbu dapur juga bisa dengan menggunakan bawang putih.

Kandungan antibakteri yang ada di dalamnya sangat baik untuk mencegah perkembangbiakan lebih luas dari bakteri penyebab jerawat. Peradangan yang sering terjadi ketika jerawat muncul juga bisa diatasi dengan menggunakan bawang putih.

  1. Tomat

Untuk cara menghilangkan jerawat yang berikutnya, kami menyarankan penggunaan masker tomat. Buah tomat sering digunakan untuk mengatasi mata panda. Namun, siapa sangka ternyata tomat juga sangat baik jika digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat.

Kandungan antioksdian di dalamnya serta vitamin E baik untuk meredakan inflamasi agar jerawat tidak bertambah parah. Anda bisa menggunakan masker tomat seperti penggunaan masker mentimun.

Demikian uraian di atas merupakan 11 cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan-bahan alami.

Bahan yang murah, mudah didapat serta efek samping yang ringan bahkan hampir tidak ada menjadi alasan mengapa metode konvensional untuk cara menghilangkan jerawat mayoritas lebih disukai.

Tentunya jika dibandingkan dengan penggunaan produk-produk buatan pabrik yang banyak beredar di masyarakat.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa pada beberapa kasus jerawat mungkin cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami tidak mempan.

Jika demikian yang terjadi, maka segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan khusus.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari beberapa cara menghilangkan jerawat yang sebelumnya telah disebutkan, maka imbangilah dengan pola hidup sehat, seperti istirahat cukup, olahraga teratur, dan konsumsi makanan bergizi.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan jerawat yang dapat kami sampaikan. Informasi tersebut diperoleh dari beberapa sumber yang pastinya terpercaya.

Semoga bisa menambah wawasan dan selamat mencoba.

Comments

[…] Best 11 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Aman dan Cepat […]

Comments are closed.

Skip to toolbar